Selasa, 05 Februari 2013

Teknologi


Malware Kian Gencar Serang Smartphone & Tablet

HeadlineLondon – Riset beberapa badan keamanan menemukan, malwarepenyerangsmartphone dan tablet kian marak. Di sisi lain, serangan pada PC makin lambat. Seperti apa?
Posisi PC yang mulai tergantikan sejumlah gadget ini untuk pesan instan, jelajah web atau tujuan bisnis memicu serangan yang kian marak padasmartphone dan tablet. Menurut laporan, programmer jahat tiap hari membuat virus baru, termasuk torjan danspyware.
Penanggung jawab teknologi pelacakan mobile firma riset 451 Group Chris Hazelton mengatakan, “Saat ini belum ada contoh malware yang menyerang ribuan atau jutaan perangkat namun hal ini bukannya tak mungkin terjadi.”
Juru bicara Avast Lyle Frink menambahkan, malware yang menyerang smartphone dan tablet kian marak tiap harinya. Hal ini sangat mengancam pebisnis yang harus terus terhubung dengan perangkat-perangkat ini.
Seperti diketahui, smartphone dan tablet memiliki sistem operasi (OS) yang berbeda-beda, satu virus tak akan menginfeksi OS lainnya. Selain itu, browserpada tiap OS dilengkapi fitur keamanan tertentu yang membuatnya sulit mentransfer data dari sejumlah perangkat ini tanpa sepengatahuan pengguna.
[wp_capaign_2]

Posted in gadget | Leave a comment

Gigabyte Siap Rilis Motherboard Sandy Bridge P67X Series Terbarunya

Selama ajang pameran CeBIT 2011 yang berlangsung di awal bulan Maret yang lalu, Gigabyte memang pernah memamerkan salah satu motherboard Sandy Bridge terbarunya yang mengusung model P67X. Dan secara diam-diam, kini Gigabyte kabarnya juga tengah serius bersiap-siap untuk meluncurkan jajaran produk motherboard terbarunya dari model P67X pertamanya tersebut yaitu P67X-UD3 dan P67X-UD3R.
Kedua motherboard ini tampak memiliki layout yang mirip. Sedangkan yang membedakan hanyalah terletak pada warna PCB yang ada.
Dimulai dengan model P67X-UD3, motherboad ini didasarkan pada revisi B3 dari chipset Intel P67 Express dan pada dasarnya memiliki kesamaan dengan motherboard P67A-UD3 yang Gigabyte pernah luncurkan sebelumnya pada awal tahun yang lalu. Namun untuk model P67X terbarunya ini, Gigabyte telah melengkapinya dengan fitur PCH heatsink yang lebih besar, 90-derajat sudut port SATA, FireWire controller serta Marvell 88SE9172 SATA 6Gbps RAID IC yang juga terdiri dari sepasangan konektor SATA tambahan.
Sedangkan pada bagian belakangnya tampak terdapat warna I/O port yang telah diubah dari hitam menjadi merah. Selain itu, motherboard ini juga memiliki sepasang port USB 3.0 (sedangkan dua lagi yang terdapat pada on-board header) dan kini didukung oleh host controller USB 3.0 Etron EJ168.
Seperti disebutkan sebelumnya, motherboard selanjutnya dari model P67X series ini adalah P67X-UD3R. Motherboard model ini menggunakan papan sirkuit yang berwarna hitam serta desain PWM yang telah disempurnakan. Selain keberadaan driver MOSFET, motherboard ini juga menggunakan 10 fase dibandingkan dengan 6 fase yang dipakai di-P67X UD3.
Sejauh ini sayangnya belum ada rincian mengenai harga dan ketersediaannya yang secara resmi dilansir oleh pihak GigaByte. Dan menurut publikasi VR-Zone, kedua motherboard tersebut kabarnya akan segera merambah beberapa toko online di wilayah Asia-Pasifik dalam waktu yang tidak lama lagi.
GA-P67X-UD3R-B3 (Rev 1.0) – Intel ® P67 Chipset
  1. Mendukung Intel B3 terbaru pada chipset seri 6
  2. Mendukung processor Intel® Core™ generasi kedua LGA 1155 terbaru
  3. Teknologi Ultra Durable 3 dengan tembaga pendingin berkualitas untuk temperatur kerja yang lebih rendah
  4. Mendukung USB 3.0 dengan kecepatan transfer supercepat yang mencapai 5 Gbps
  5. GIGABYTE 3x USB Power dengan On/Off Charge USB port
  6. Dukungan multi-grafis SLI dan CrossFireX untuk kinerja grafis terbaik
  7. Teknologi XHD yang mempercepat kinerja hardisk secara mudah
  8. Mendukung Dolby Home Theater audio
  9. GIGABYTE DualBIOS™ technology yang memberikan perlindungan terhadap tingkat kegagalan tertinggi
GA-P67X-UD3-B3 (Rev 1.0) – Intel ® P67 Chipset
  1. Mendukung Intel B3 terbaru pada chipset seri 6
  2. Mendukung processor Intel® Core™ generasi kedua LGA 1155 terbaru
  3. Ultra Durable 3 ™ teknologi dengan desain PCB tembaga 2oz
  4. Mendukung USB 3.0 dengan kecepatan transfer supercepat yang mencapai 5 Gbps
  5. GIGABYTE 3x USB Power dengan On/Off Charge USB port
  6. Dukungan multi-grafis SLI dan CrossFireX untuk kinerja grafis terbaik
  7. Teknologi XHD yang mempercepat kinerja hardisk secara mudah
  8. Mendukung Dolby Home Theater audio
  9. GIGABYTE DualBIOS™ technology yang memberikan perlindungan terhadap tingkat kegagalan tertinggi
[wp_campaign_2]

Posted in hardwarelain-lain | Tagged  | Leave a comment

AMD Ingin Fusion Dibenamkan di Konsol Game

[wp_campaign_1]
AMD Fusion 
AMD Fusion
NEW YORK – Salah satu perusahaan prosesor AMD ingin terus melebarkan semua produknya ke berbagai macam perangkat. Belum ini AMD tengah mengupayakan agar prosesor mereka dari lini Fusion bisa masuk ke konsol game. 
Hal ini disampaikan AMD’s Senior Director of Content and Application Support Neal Robison yang mengatakan bahwa sistem Fusion dalam chip mereka sangat cocok sebagai prosesor generasi selanjutnya untuk konsol terbaru.
Robinson menjelaskan, jika AMD Fusion dibenamkan di Xbox, ini akan membuat ruang kerja di konsol game tersebut berjalan seimbang dan lebih bertenaga antara GPU dan CPU core.
“Konsol memiliki siklus yang panjang untuk mengambil keuntungan dari chipset sebaik mungkin. Ini untuk mengambil keuntungan bagi pengembang dalam menghasilkan game yang jauh lebih berkualitas,” terangnya seperti dilansir Tech Eye, Rabu (30/3/2011).
Robison memang mengakui bahwa prosesor yang berbasis x86 tidak populer dengan para pembuat permainan yang cenderung menggunakan Power, MIPS, dan Cell.
Namun Robison menunjukkan bahwa Microsoft Xbox menggunakan arsitektur X86 dan telah terbukti bahwa ada kinerja yang hebat yang bisa didapat dengan arsitektur x86.
Dia mengatakan bahwa Sony melakukan sedikit kesalahan berpikir bahwa prosesor Cell akan menjadi segala sesuatu yang perlukan, yang dapat menangani kedua tugas CPU dan tugas GPU.
[wp_campaign_2]
Posted in gadgethardware | Tagged  | 3 Comments

Daftar Gaji Pegawai Google dan Bonus – Bonus Yang Diterimanya

Google telah lama diketahui sebagai tempat terbaik untuk berkarir. Mereka menawarkan pijat gratis, kudapan, dan potong rambut professional pada kampus
mereka di California. Hal tersebut telah menempatkan mereka diatas 99.99% dari seluruh perusahaan yang ada di dunia.
Tahukah anda berapa banyak yang dihasilkan oleh karyawan Google? Data berikut tidak terlalu mudah dicari, jika anda tidak percaya, anda dapat mengeceknya di Google.
Berikut ini adalah statistik yang cukup menarik.
1. Google Programmer di Phoenix – $174,000/tahun
2. Google Programmer di California – $197,000/tahun
3. Google Programmer di Chicago – $222,000/tahun
4. Google Programmer di New York – $242,000/tahun
(menurut Indeed.com)
itu hanya gajinya… Keuntungan apa lagi yang ditawarkan Google kepada karyawannya?
  1. Google akan membayar $8.000/ tahun jika anda meneruskan pendidikan. Mereka hanya mengaharapkan nilai “B”.
  2. Jika anda me-refer seorang karyawan untuk menjadi staff Google dan mereka bertahan untuk 60 hari, Google akan membayar $2.000 kepada anda.
  3. Jika anda hendak mengadopsi anak, Google akan memberikan $5.000 untuk urusan legal dan biaya adopsi.
  4. Tergantung dari berapa lama anda bekerja di Google, anda akan mendapatkan sampai dengan 25 hari bonus liburan dalam setahun.
Satu lagi hal yang menarik dari segi finansial karyawan Google, menurut New York Times, kira-kira ada 1.000 karyawan Google yang memiliki saham dengan nilai $5 juta dollar.
Masih menurut New York Times, setiap karyawan yang bersama Google untuk setahun saja memiliki nilai lebih dari $250.000.
Perusahaan pesaing mengatakan bahwa programmer Google telah menikmati 50% kenaikan gaji dalam beberapa tahun terakhir, tampaknya hal ini tidaklah mengherankan buat perusahaan sekelas Google. jadi ada agan2 yang Tertarik untuk bergabung dengan Google?
SUMBER : acehforum.or.id
[wp_campaign_2]

Posted in gadget | Tagged  | 8 Comments

10 Produk Dalam Bidang IT Yang Paling Buruk

Kendaraan listrik ramah lingkungan pertama yang diproduksi massal dan diluncurkan tahun 1985. Dengan harga £399 anda hanya mendapatkan kendaraan berkecepatan maksimum 15mph, tanpa persneling, jarak kursi ke pedal gas yang tidak dapat diubah dan mesin yang akan overheat jika digunakan untuk menanjak di perbukitan. 
2. Barcode Battler
Diluncurkan tahun 1991, Barcode Battler berusaha untuk bersaing dengan legenda lain saat itu, yaitu Sega Game Gear dan Nintendo Game Boy. Tetapi berbeda jauh dengan kedua legenda tersebut, Barcode Battler memiliki grafis dan audio yang berkualitas sangat rendah dan memainkannya adalah suatu mimpi buruk tersendiri. Konsepnya juga aneh, pemain dapat bertarung satu sama lain tetapi bukan sebagai karakter melainkan hanya berupa angka-angka di layar. Anda harus menggosokkan kartu khusus ber-barcode atau bahkan barcode dari produk sehari-hari ke konsol ini untuk bermain. 
3. The Squircle
Produk dengan nilai terendah di CNET. co.uk Desain buruk, tanpa internal memori dan kualitas suara yang buruk membuatnya masuk jajaran produk terburuk. Pemutar MP3 ini harus digunakan bersama dengan sebuah kartu SD tambahan. 
4. Gizmondo
Terlihat seperti versi hitam dari kepala Shrek bukanlah sesuatu yang menarik. Pada awal 2005 Gizmondo diluncurkan dan sebenarnya memiliki fitur menarik seperti kemampuan mengirim pesan teks, kamera digital dan bahkan fungsi GPS. Anda akan mendapatkan potongan ? dari harga aslinya £229 jika anda memperbolehkan Gizmondo untuk menayangkan iklan selama anda bermain (yang mereka sebut dengan istilah Smart Ads).
Tetapi sayangnya justru game-gamenyalah yang tidak menarik. Setelah setahun peluncurannya, produsen Gizmondo yaitu Tiger Telematics, jatuh bangkrut, kini tidak ada lagi game yang dikembangkan, Smart Ads sudah tidak berfungsi lagi, dan Gizmondo kini hanya menjadi monumen kegagalan. 
5. Tamagotchi
Diciptakan tahun 1996 oleh Aki Maita, Tamagotchi mennghasilkan keuntungan yang sangat besar untuk produsennya yaitu Bandai. Saat itu tamagotchi adalah mainan yang harus dimiliki anak-anak di seluruh dunia. Tetapi mengapa Tamagotchi dianggap sebagai produk terburuk? Karena Tamagotchi sangatlah mengganggu. Mainan ini mengganggu pelajaran sekolah di seluruh dunia, menyebabkan kegaduhan dan perkelahian, dan membangunkan anda di subuh hari untuk membersihkan kotoran digitalnya. 
6. Apple Puck Mouse
Apple mempaketkannya dengan iMac G3 ditahun 1998. Mouse ini memiliki sebuah tombol yang sulit ditemukan dan anda tidak akan tahu kemana arah yang ditunjuk oleh mouse ini. Tetapi mouse ini memberikan sebuah terobosan baru, yaitu sebagai mouse pertama yang menggunakan konektivitas USB. Untunglah mouse ini dihentikan produksinya pada tahun 2000. 
7. Atari Jaguar
Diluncurkan tahun 1993 untuk bersaing dengan konsol dari Sega dan Nintendo. Jaguar adalah kegagalan yang meyakinkan Atari untuk meninggalkan dunia hardware. Seharusnya menjadi mesin yang lebih superior dibandingkan saingan lainnya (saat itu Jaguar mengklaim dirinya sebagai satu-satunya konsol 64-bit), software Jaguar ternyata sulit untuk dikembangkan, sehingga hanya beberapa judul game saja yang diluncurkan untuk konsol ini. Para pengguna juga mengeluh tentang betapa sulitnya menggunakan controllernya yang memiliki 15 tombol. 
8. Amstrad E-m@iler Telephone
Ketika diluncurkan tahun 2000 harganya ?99 dan anda dapat menggunakannya untuk mengirim email tanpa harus menggunakan PC. Sebenarnya konsepnya sangat menarik tetapi telepon ini sangat sulit untuk digunakan. Lagipula sebagian besar orang sudah memiliki komputer dan perkembangan internet sudah menjadi sangat luar biasa. Telepon ini mungkin akan laku keras jika mereka meluncurkannya di tahun 1994 dimana komputer dengan modem masih sangat mahal dan web masih belum terlalu besar, tetapi sayangnya mereka telat 6 tahun. 
9. Sony rootkit CD
Apakah anda membutuhkan CD lagu yang menginstall rootkit di PC anda? TENTU SAJA TIDAK. Di tahun 2005, Sony BMG ‘menanamkan’ Extended Copy Protection (XCP) dan software MediaMax CD-3 pada 102 judul CD audio. Konsumen yang membeli CD ini dan memutarnya pada komputer mereka akan terkena malware yang dikenal sebagai rootkit. Rootkit ini dapat menghindari deteksi anti-virus dan program sekuriti lainnya dengan bersembunyi di dalam OS komputer. Sony akhirnya mau bertanggungjawab atas hal ini, untuk cerita selengkapnya anda bisa melihatnya disini. 
10. Windows Vista
OS apapun yang memprovokasi sebuah kampanye peluncuran kembali OS pendahulunya, layak dikategorikan sebagai teknologi yang buruk. OS apapun yang memiliki opsi downgrade ke versi sebelumnya (dalam kasus ini downgrade ke XP), layak dikategorikan sebagai teknologi yang buruk. OS apapun yang membutuhkan waktu pengembangan 6 tahun dan akhirnya dibenci oleh para profesional dan pecinta PC, layak dikategorikan sebagai teknologi yang butuk. Dan Windows Vista mengalami semua hal tersebut. Ketidakcocokannya dengan hardware dan penggunaan DRM yang berlebihan hanyalah beberapa kasus yang menyebabkan OS ini dimasukkan ke daftar kategori teknologi terburuk.

sumber
[wp_campaign_2]
Posted in gadget | Tagged  | 1 Comment

Yuk, Tingkatkan Performa Halaman Website dengan Google Page Speed!


Ada yang baru di Google Labs. Apa itu? Dengan sigap kami segera mengecek kebenarannya. Kali ini telah hadir layanan Page Speed Online yang mana dapat membantu Anda mengetes langsung performa loading halaman dari website ataupun blog Anda. Kami langsung mengetikkan URL ‘beritateknologi.com’, dan segera muncul hasil poin 76 (dari skala 100) ketika menganalisa kecepatan akses melalui komputer. Sedangkan mobile site ‘beritateknologi.com’ sendiri memiliki poin yang lebih besar yaitu 85 dari skala 100. Muncul pula beberapa masukkan mengenai bagaimana mempercepat performa loading halaman website ini. Ingin mencoba?
Sebagai perusahaan raksasa penyedia layanan mesin pencari ternama, Google terus berinovasi menghadirkan layanan-layanan barunya. Hanya dalam waktu seminggu setelah Google memperkenalkan ekstensi Page Speed pada Google Chrome, kini Google menyediakan layanan Page Speed berbasis web, tak perlu lagi menginstall aplikasi atau eksensi tertentu, cukup gunakan Page Speed berbasis web ini, maka para developer pengembang web akan dapat dengan mudah menganalisa kecepatan dari website yang telah dibuatnya.
Kabar baiknya lagi, kini para developer website mobile dapat pula mengetes kecepatan dari website mobile dengan menggunakan Page Speed ini.
“Di Google, kami sedang berjuang untuk membuat seluruh website agar lebih cepat waktu loadingnya. Sebagai bagian dari upaya itu, kami meluncurkan sebuah alat berbasis web di Google Labs, Page Speed Online namanya, yang mana dapat menganalisa performa halaman web dan memberikan masukan-masukan bagaimana agar halaman tersebut diakses lebih cepat lagi,” tutur Andrew Oates dan Richard Rabbat, anggota tim Google yang khusus mengembangkan Page Speed Online.

Layanan online pengukur kecepatan loading halaman web ini dibuat sesederhana mungkin, dimana Anda harus memasukkan URL website Anda dan selanjutnya tinggal submit, maka akan tampil berapa kecepatan speed loading dari halaman tersebut dengan skala 1 sampai 100. Selain itu ditampilkan pula informasi bagaimana caranya agar halaman tersebut bisa lebih cepat lagi diakses nantinya.
Untuk saat ini, juga telah tersedia fitur untuk mengecek performa halaman mobile site, yang mana Anda akan dengan mudah beralih antara web yang diakses melalui pengguna desktop dan juga pengguna mobile.
“Kami telah menambahkan sebuah fitur baru yaitu kemampuan untuk menampilkan masukan-masukan untuk mempercepat performa halaman mobile site, khususnya yang diakses melalui smartphone. ” tambah duo perwakilan Google tersebut.
“Karena kemampuan CPU relatif terbatas pada perangkat mobile, begitu juga dengan kapasitas jaringan yang digunakan serta perkembangan teknologi ponsel saat ini, rasanya hal ini bisa dipahami agar performa mobile site semakin optimal bahkan justru ini lebih penting lagi prioritasnya ketimbang website yang diakses melalui komputer.” lanjut keduanya.
Nah, tunggu apa lagi? Silahkan cek langsung kecepatan dari website ataupun blog Anda! Siapa tau dengan melihat masukan-masukan yang diberikan oleh Google Page Speed tersebut bisa mempercepat performa halaman website Anda.

Posted in lain-lainsoftware | Tagged  | 3 Comments

Virus Trojan Serang Android

“Peretas dapat mengontrol sejumlah besar ponsel sesuai keinginannya melalui server.”
VIVAnews - Smartphone berbasis sistem operasi Android dewasa ini semakin populer. Namun, tidak berarti ponsel pintar itu aman dari ancaman virus. Baru-baru ini sebuah virus trojan di OS Android berhasil dideteksi oleh sebuah perusahaan keamanan mobile, LookOut Mobile Security.

Virus trojan ini diketahui dapat memanfaatkan smartphone Android layaknya perangkat botnet. Artinya, peretas dapat menginstruksikan perangkat yang terinfeksi tersebut untuk berbuat sesuai keinginannya, seperti mengirim e-mail, spam, termasuk menyebarkan virus ke teman-temannya.
Virus itu dinamakan ‘Geinimi’ berdasarkan inkarnasi pertama yang diketahui. “Trojan ini dapat mencuri sejumlah besar data pribadi pengguna dan mengirimkannya ke beberapa remote server,” kata LookOut Mobile Security dalam keterangannya, yang dikutip VIVAnews dari Cellular News, Jumat 31 Desember 2010.
“Sekali malware itu terinstal pada ponsel pengguna, maka ponsel itu sangat dimungkinkan untuk menerima perintah dari server meski jaraknya sangat jauh. Dengan begini, peretas dapat mengontrol sejumlah besar ponsel sesuai keinginannya melalui server,” paparnya.
Menurut LookOut, ketika sebuah aplikasi host mengandung Geinimi diluncurkan pada ponsel pengguna, trojan akan bekerja dan mengumumpulkan informasi penting dan bersifat privasi. Informasi khusus yang dikoleksi mencakup lokasi koordinat pengguna, mengenali nomor unik perangkat (IMEI) dan kartu SIM (IMSI).
Dalam waktu lima menit, Geinimi dapat terhubung dengan server remote dengan menggunakan satu dari 10 domain yang tersedia. Kabar baiknya, trojan tersebut kebetulan hanya didistribusikan melalui kios aplikasi pihak ketiga atau buatan China, bukan di kios aplikasi Android resmi.

Posted in gadget | Tagged  | 1 Comment

Google Bikin Smartphone CDMA?

Kerja sama dengan Samsung membuka kesempatan Google berjualan smartphone CDMA di China.
VIVAnews - Google memperkenalkan smartphone keduanya, Google Nexus S, sebagai suksesor Google Nexus One, Desember lalu. Meski diburu-buru, smartphone anyar Google itu berhasil diluncurkan sebelum musim liburan akhir tahun.

Baru-baru ini beredar rumor yang mengatakan Google tengah mempersiapkan smartphone CDMA. Kendati banyak smartphone CDMA berbasis Android yang beredar di pasar, nampaknya raksasa asal Mountain View itu optimistis dengan pasar CDMA dan tak mau lama-lama terjebak di kamp GSM.
Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda yang bisa menjadi bukti kuat bahwa Google akan merilis Nexus S versi CDMA. Google masih enggan buka mulut. Rumor justru muncul sejak wajah website Sprint Nextel, operator CDMA raksasa asal Amerika Serikat, berubah. Dan, rumor itu terus berkembang luas. Google masih belum merespons.
Di halaman web itu terpampang pemberitahuan bahwa Google Nexus S, yang diproduksi oleh Samsung, akan segera tersedia dalam waktu dekat.
Tidak ada informasi detail lebih lanjut terkait ketersediaan Nexus S versi CDMA. Ini sekaligus memperkuat desas-desus lain yang mengatakan bahwa Google membuka diri terhadap Verizon Wireless dan tidak hanya menjalin kerja dengan Sprint Nextel secara ekslusif. Kerja sama dengan Samsung pun bisa membuka kesempatan Google untuk berjualan smartphone CDMA di China.
Jika Google hanya mengubah jaringan GSM ke CDMA, bisa jadi spesifikasi dan fitur Google Nexus S tetap sama. Bila benar, maka kurang lebih spesifikasi smartphone CDMA Google adalah sebagai berikut:
Google Nexus S
Dimensi dan berat12,4 x 6,3 x 1 cm
129gram
LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran layar4 inci, 480 x 800 piksel
- Oleophobic surface
- Contour Display with curved glass screen
- Multi-touch input method
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Touch-sensitive controls
- Proximity sensor for auto turn-off
- Three-axis gyro sensor
Memori512MB (RAM)
16GB (storage internal)
Konektivitas3G HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5,76 Mbps
Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA
Bluetooth v2.1
microUSB v2.0
Kamera5 MP, 2560 x 1920 piksel, auto focus, flash LED
VideoAda, WVGA@30fps
OSAndroid OS 2.3 (Gingerbread)
CPUARM Cortex A8 1GHz processor
RadioTidak ada
BrowserHTML
GPSAda, A-GPS
FiturJava (via pihak ketiga)
- Social networking integration
- Digital compass
- MP4/DivX/WMV/H.264/H.263 player
- MP3/WAV/eAAC+/AC3/FLAC player
- Organizer
- Image/video editor
- Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
- Flash Player v10.1
- Voice memo/dial/commands
- Predictive text input
- Near Field Communications
BateraiLi-ion 1500 mAh
Hingga 428 jam (standby)
Hingga 6 jam 40 menit (waktu bicara)
HargaRp7,5-8 juta (kisaran)


Posted in gadgetlain-lain | Tagged  | Leave a comment

Opera Anggap Android Sebagai Platform Penting

[wp_campaign_1]
VIVAnews – Di ranah mobile, Opera menganggap penting platform Android sebagai platform yang cukup popular. Menurut Phillip Grønvold, Product Manager Opera Software, Android merupakan platform mobile di mana beberapa browser berkompetisi.
Di platform ini, pengguna memiliki empat pilihan browser. Di sana ada Opera Mini, Firefox 4 yang baru saja diluncurkan, Skyfire, serta Dolphin HD. “Kondisi ini hanya bisa kita jumpai pada komputer desktop,” ujar Grønvold pada acara temu media di Grand Indonesia, Kamis, 31 Maret 2011.
Namun, kata Grønvold, Opera merasa tak khawatir dengan kemunculan Firefox 4. Kemunculan Firefox menurutnya bakal mengembangkan pengalaman web yang lebih baik di platform mobile.
Lagipula, Grønvold mengklaim, di platform Android Opera Mini 6 memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Pasalnya, Firefox 4 hanya menyediakan set instruksi yang digunakan oleh perangkat-perangkat dengan prosesor berarsitektur ARMv7, sementara Opera Mini menyediakan set instruksi yang digunakan oleh prosesor berarsitektur ARMv5 dan ARMv7.
Dengan kata lain, Grønvold menjelaskan, Firefox 4 diperuntukkan bagi ponsel-ponsel dengan prosesor yang berkekuatan tinggi, atau masuk dalam kategori smartphone ataupun tablet. Sementara Opera Mini 6 bisa berjalan pada perangkat-perangkat Android murah, bahkan yang masih menggunakan versi Android 1.5.
Selain itu, Grønvold menjelaskan, walaupun orang-orang kini sudah jarang membahas ponsel-ponsel lawas – seperti Nokia model lama yang masih menggunakan Symbian 40, Sony Ericsson, atau bahkan ponsel China, tapi jumlah ponsel-ponsel ini masih sangat besar, yaitu lebih dari 2 miliar pengguna.
“Oleh karenanya kami tidak bisa mengabaikan para pengguna ponsel-ponsel lama ini,” kata Grønvold. Ini sejalan dengan visi Opera yang ingin menghadirkan pengalaman web di setiap perangkat yang ada.
Sepanjang platform tersebut membuka diri, kata dia, Opera akan berupaya menyediakannya. “Sampai-sampai kami pun menyediakan browser untuk Maemo (platform mobile Nokia yang kurang populer – red).”
Pengembangan Opera di berbagai platform, kata Grønvold didukung dengan sumber daya manusia di Opera yang mayoritasnya memiliki kemampuan dan berlatar belakang insinyur. “Dari sekitar 700 karyawan Opera, sekitar 77 persen di antaranya adalah engineer.”
Dalam kesempatan itu, Grønvold juga mengungkapkan bahwa hingga kini ada sekitar 200 juta orang yang menggunakan browser Opera di berbagai platform. Pengguna Opera Mini merupakan porsi terbesar dengan sekitar 90 juta orang pengguna.
Sementara pengguna Opera browser untuk desktop mencapai sekitar 60 juta orang, pengguna Opera Mobile. Sisanya adalah pengguna browser Opera dari perangkat elektronik rumah tangga seperti TV, set top box, Nintendo Wii, Nintendo DS dan lain-lain.

[wp_campaign_2]

Posted in gadget | Tagged  | 1 Comment

Isi Baterai Smartphone dengan Tenaga Angin


VIVAnews Pernah mendengar ponsel berbasis tenaga surya? Ya, sekitar pertengahan tahun lalu Puma Phone muncul sebagai smartphone pertama dilengkapi panel tata surya. Ia dijual terbatas. Konsepnya cukup bagus untuk sebuah smartphone. Tetapi, jika ditawarkan mungkin Anda akan menimbang ulang mengganti ponsel Anda lagi.
Aero E, konsep teknologi turbin angin untuk isi ulang baterai ponsel (yankodesign.com)
Bagaimana jika teknologi berbasis tenaga surya itu muncul di charger ponsel? Berbicara soal charger atau pengisi ulang baterai ponsel, Anda pasti tahu adanya charger berbasis panel surya. Atau, beberapa dari Anda mungkin sudah memilikinya. Ini memang bukan sesuatu yang baru. Charger panel surya ini hadir ketika ada kebutuhan isi ulang baterai ponsel di saat darurat, atau tak ada arus listrik.
[wp_campaign_1]
Ide ini ternyata cukup inspiratif. Setidaknya bagi Lance Cassidy yang berhasil membuat konsep lain berupa charger ponsel berbasis tenaga angin. Dengan menggunakan turbin angin, baterai ponsel akan diisi ulang tanpa harus melibatkan arus listrik.
Konsep teknologi itu bernama Aero E Wind Power Generator. Energi terkonversi dari angin menjadi arus listrik yang ditransfer secara nirkabel melalui induksi. Letakkan ponsel Anda pada pad yang tersedia, dan tancapkan dia di jendela rumah Anda. Biarkan tetangga Anda dibuat kagum olehnya.
Turbin ini memancarkan daya secara nirkabel ke saku pengisian, di mana pad tadi ditempatkan. Seperti mendepositkan daya listrik dari tenaga angin. Ketika Anda pulang dari tempat Anda bekerja, Anda mempunyai charger siap pakai.
Nantinya, akan diciptakan pula sebuah aplikasi khusus smartphone untuk memungkinkan pengguna terhubung dengan turbin mereka dari manapun melalui koneksi Internet. Sehingga pengguna dapat melacak pola angin serta mengatur kapan turbin itu menyala atau mati.
Ide ini bisa dikembangkan oleh siapa saja. Tetapi, konsep ini bisa menjadi teknologi energi alternatif yang diproduksi masif suatu waktu nanti. Kemungkinan ia akan diburu oleh penghuni rumah apartemen atau backpackeryang berkantong pas-pasan.
[wp_campaign_2]
Posted in gadget | Tagged  | 1 Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar